LA RANCH GLAMPING & ADVENTURE, wisata hits ala suku Indian

Staycation di La Ranch Glamping Adventure check!

javvachic - Bulan puasa lalu, awal Mei 2021, sebelum pulang mengunjungi keluarga di Pekalongan, kami mendapat kesempatan camping sembari bukber di La Ranch Limbangan. Kebetulan lokasinya tidak jauh dari proyek Samara Residence di Karanganyar jadi "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui". Memang kelebihan tinggal di Kabupaten selain alamnya masih asri, anti rob, dan banyak tempat wisata yang tersebar di penjuru Kabupaten. Jadi merupakan alasan yang tepat untuk memilih hunian di Kabupaten Pekalongan seperti di SAMARA RESIDENCE Karanganyar.

Tidak jauh dari Tugu Duren Kajen, ada wisata keluarga hits nih gaes. LA RANCH GLAMPING ADVENTURE, sebuah ekspansi dari resort La Ranch yang terletak dekat wisata air Karanggondang. Pemandangan yang hijau, kali-kali yang jernih, menambah asiknya perjalanan menuju La Ranch. Pada akhirnya manajemen pun menggandeng Desa Wisata Karanggondang untuk menyediakan salah satu konsep paket staycation.

Visit pertama kami ke La Ranch bulan September 2020 tahun lalu untuk berkuda, manajemen baru saja akan membuka Kampung Indian keesokan harinya. La Ranch Limbangan menawarkan wisata dan sarana edukatif dengan fasilitas Restoran Limasan,  dilengkapi dengan arena berkuda dengan staff yang berpengalaman, mini zoo, playground dan mini farming. Kampung Indian melengkapi arena La Ranch dengan konsep tematik ala perkampungan Indian. Arena outdoor untuk hangout dan bersantai sembari ngopi dan makan-makan. Jika ingin lebih mahir berkuda, sesi latihan rutin bisa dipilih apabila program sudah bisa dilanjutkan kembali.

Sebagai ekspansi , Maret 2021 manajemen menambahkan area La Ranch Glamping Adventure untuk fasilitas staycation yang melengkapi tempat wisata keluarga tematik & edukatif tersebut. Tenda-tenda dome berAC, fasilitas camping yang nyaman, menjadikan La Ranch Glamping sebuah alternatif staycation untuk menikmati quality time bersama keluarga, instansi atau komunitas dengan  aktifitas outdoor dan penginapan. Lupakan gadget dan rutinitas pekerjaan sesaat!

Nah di masa pandemi tentunya manajemen menerapkan prokes ketat dan beberapa kegiatan sementara ditiadakan. Namun tidak mengurangi kenyamanan sehingga kita sebagai pengunjung tetap merasa aman dan nyaman, dan spirit berpuasa tetap terjaga. Musholla tersedia, tenda yang besar untuk kegiatan pengajian maupun kultum jelang bukber pun ada seperti yang kita simak sembari menunggu buka puasa sore itu.

Ketika kami datang alhamdulillah tidak terlalu ramai, sekitar 3-4 meja keluarga yang datang untuk bukber, dan ada grup/komunitas di area yang telah disediakan agak jauh dari area makan sehingga tidak ada rasa khawatir terhadap rawannya kerumunan. Suasana hening, syahdu, dan indah jelang senja menuju jam bukber, suara kultum terdengar dari speaker di tenda komunal.

Sebelumnya kami di greet oleh Mas Ryan dan Mbak Widya yang mengarahkan tenda dome kami menginap nanti. La Ranch Glamping berada di sebelah timur laut kawasan ranch. Memasuki reception yang hangat, cuci tangan dengan HS, check in singkat, rasanya pengen langsung foto-foto. Entrance La Ranch Glamping membuat aku teriak kecil... banyak spot instagrammable lengkap dengan patung totem, tenda-tenda dome, tenda komunal, panggung (saya kira panggung ternyata apa ya semacam playground dengan air semprot dari bawah), dan area api unggun di tengah-tengah. Sayang fasilitas Kamar Mandi agak jauh di ujung lapangan... but it's ok for us.

Beanbag pink fuschia terhampar di depan tenda untuk bersantai, disambut dream catcher di tenda berAC yang cukup luas untuk menampung 3 single bed. Sholat pun bisa dilakukan dengan leluasa di dalam tenda. Beda dengan bayangan camping di outdoor pada umumnya, La Ranch Glamping Adenture menawarkan kenyamanan camping dengan suasana ala perkampungan Indian. Alhamdulillah hari itu kami dapat 2 tenda jadi kami bisa benar2 melepas penat dengan nyaman setelah datang dari luar kota. Sore atau malam kami juga bisa berleyeh-leyeh di hammock yang disediakan di samping tenda.

Jelang iftar kami beranjak ke Kampung Indian dekat Resto Limasan di area depan La Ranch, sambil cuci mata menikmati atmosfir langit malam yang cerah dengan suasana ala Indian. Anak-anak bermain ayunan dan sempat bersantai di hammock. Staycation kami padat dengan acara makan-makan, karena setelah takjil es kawut yang segar dan pisang goreng rangup dihidangkan, dilanjutkan dengan menu paket ayam bakar. Sayang malam itu cukup ramai dengan betambahnya grup lain yang datang sehingga agak lama kami menanti makan malam. Kami akhirnya memilih istirahat di tenda sembari menunggu makan malam dihidangkan yang ditutup dengan barbecue di depan tenda. Api unggun mulai dinyalakan dan suasana barbecue jadi tambah asik. Sahur disajikan di tenda pengganti sarapan, dengan menu nasi sop dan cumi goreng tepung.

Masyaallah malam itu indah sekali, sembari menatap dari hammock bulan purnama  yang menyembul di langit bersinar dengan cantiknya melengkapi suasana staycation di La Ranch Glamping. Menambah kesempurnaan bertadabbur alam dan bersyukur.

Tampak sebuah komunitas otomotif memilih bukber di area api unggun. Tenda besar di "common area" pun bisa digunakan untuk grup, lengkap dengan fasilitas layar LCD dan karaoke. Tinggal request ke manajemen. "Half-Day Package" pun tersedia dari jam 15.00-22.00 untuk paket F&B dan beristirahat di tenda. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi Pak Iriyanto Yanto selaku pengelola.

Salah satu paket La Ranch Glampling Adventure

Keesokan pagi hari, sebenarnya pagi kami diajak untuk ciblon ke Karanggondang, tapi anak2 kami memilih untuk menikmati fasilitas outdoor La Ranch. Memanah, berkuda dengan kostum cowboy, main2 di arena mini zoo dan playground anak.

Demikianlah dengan paket Ramadhan senilai 395.000,-/malam (diskon 370rb) maka keluarga bisa menikmati glamping, iftar hingga sahur berikut beberapa aktifitas outdoor. La Ranch Glamping Adventure memang pada akhirnya menawarkan pengalaman quality time yang berkesan yang menghibur dan edukatif. Recommended banget untuk acara  keluarga besar, instansi, group maupun komunitas untuk sebuah aktifitas yang unik dan mempererat tali silaturrahim. Arisan keluarga mendatang, kayanya seru nih ngadain acara di La Ranch...

Paket teranyar La Ranch Glamping Adventure

Selain itu dengan berada di tempat ini yang membawa kita ke kebudayaan masa lampau para indian yang gagah berani, kita sebenernya patut bersyukur. Bersyukur akan kemerdekaan di tanah sendiri, yang mana suku2 indian tertentu pada jamannya malah terjajah dan terusir dari tanah kelahiran yang mereka agungkan dan keramat bagi mereka. Mengagumi kebudayaan yang berbeda dimana perbedaan itu menjadi indah dan pada akhirnya kita lebih melek mata terhadap budaya bangsa dan juga menghormati, memahami budaya lain sehingga harusnya kita bisa saling menghargai dan tercipta suatu harmoni dan keselarasan hidup.

Setelah puas berfoto-foto 2 hari ini, cuaca mulai terik dan saatnya sayonara pulang membawa memori indah dari La Ranch Glamping Adventure. Galeri foto yang lebih lengkap bisa dilihat di review LA RANCH di Google Maps (Java Chic). Sungguh sebuah keistimewaan bagi Kabupaten Pekalongan dengan keberadaan tempat wisata sejenis satu-satunya mungkin di Jateng. Dimana lagi ada wisata tematik ala suku Sioux atau Apache, atau si "Comanchero and his last tomahawk". Thanks once again untuk Pak Agus, Pak Yanto, Mas Ryan, Pak Slamet, Mbak Erna dan Mbak Widya & seluruh tim! We had such a really good time alhamdulillah, salah satu berkah bulan Ramadhan menikmati suasana La Ranch Glamping Adventure.

Demikian keseruan kami di La Ranch Glamping Adventure; aku doakan pandemi segera reda, kalian sehat-sehat selalu dan tetap waspada dan taat prokes supaya bisa segera berwisata lagi!

;

LA RANCH GLAMPING ADVENTURE

IG @laranchglamping

Jl. Karanganyar - Lebakbarang

Karanggondang, Kabupaten Pekalongan 51182

HP #082322867007

Salam hangat,

#JAVACHICSTORY

1. waah..seru sekaleee..klo ada info rate-nya per mlm & fasilitas apa sj yg didapat akan lbh asyik nih..hehe.. thx sharingnya mba...

2. Ternyata ada tempat campingnya ya...dulu aku ke sana kayak masih baru. Belum banyak arena yang disediakan. Atau akunya yang gak ngeliat ya? Soalnya di sana gak lama.cuma makan siang aja terus pulang

1. Hi kak, Glamping memang baru dibuka bulan Maret... ayo kak kesana lagi sama anak2, paketnya bener2 terjangkau dan seru banget deh pokoknya

3. Asik banget ini glamping nyaman, aku jadi pengen lihat tendanya yang kece ala Indian

1. Iya kak berasa jadi pocachontas hehe

2. lihat foto2nya saja asli ku jadi mupeeeeng.. oya mba, apakah akses di lokasi bisa utk kursi roda?

3. Aslinya aku pengin ke sana lagi mumpung libur..tapi saat-saat ini aman ngga ya mengingat angka kasus covid terus naik

4. Akses ke lokasi kebetulan agak luas ya dan jalan berbatu kerikil, sayangnya mungkin kurang nyaman utk yg berkursi roda. Ke KM juga agak jauh....

5. Iya Mbak Rina kita tunggu pandemi mereda ya, tapi karena La Ranch luas banget, jadi tetep ngrasa aman & nyaman aja kesana sih

4. Wow, keren banget glamping di La Ranch ini :) Mevvah gitu ya tendanya. Muat 3 single bed pula. Serasa bobo di hotel aja hehehe. Wisata alami saat pandemi memang dicari. Ini cocok buat acara keluarga ya mbak atau instansi perusahaan. Ada berkuda segala, anak2ku pasti kepengen nih. Makasih sharing infonyaaaaa.

1. Iya sama2 mbak, makasih udh mampir ke blog ku ya. Cus ke La Ranch pasti seru deh